Bagian – bagian Penting Pada Jig Pan America


            Berikut ini adalah bagian – bagian penting pada jig pan america, yaitu :
a.    Saringan (Rubber Screen)
     Saringan gunanya untuk menahan jig bed (hematite) jangan sampai turun ke bawah dan melewatkan atau meloloskan bijih timah. Pada umumnya saringan dibuat dari bahan yang tahan terhadap korosi seperti pospor brons, baja tahan karat dan karet. Ukuran lubangnya harus lebih kecil dari hematite dan lebih besar dari bijih timah, biasanya dipakai dengan ukuran 4 x 10 mm untuk kompartemen A dan ukuran 3 x 10 mm untuk kompartemen BC, ukuran lubang 6-10. Saringan berukuran lebih besar diletakan melintang terhadap arah aliran, dengan tujuan agar lubang saringan tidak mudah buntu atau tersumbat.
b.    Bed
     Bed adalah lapisan material diatas saringan jig, yang terdiri dari batu hematite yang berfungsi sebagai bahan perantara dalam memisahkan bijih timah yang berat jenisnya lebih tinggi dengan bijih yang berat jenisnya lebih rendah. Untuk menghitung kebutuhan bed jig per unit adalah
                           H = A x t x BJ pure hematite x jumlah cell  ...................... (2.3)
Keterangan :
A  = Luas area/cell (m2)
T   = Tinggi rooster (m)
Bj = 2,3 ton/m3

c.    Afsluiter Underwater
            Afsluiter Underwater berfungsi sebagai pengatur cross flow dan mengatur  pemasukan air ke tiap tangki jig dan menjaga keseimbangan air dalam jig, maka air perlu ditambahkan dan dimasukkan ke dalam jig dari bagian bawah saringan (Hutch), disebut underwater atau hutchwater. Selain itu fungsi yang terpenting adalah untuk mengontrol pemisahan konsentrat dan tailing, sehingga tailing yang sudah masuk ke dalam jig bed dapat didorong kembali ke atas dan keluar sebagai tailing.
d.    Kisi – Kisi (Rooster)
            Kisi-kisi (rooster) adalah alat yang berguna untuk menjepit saringan jig dan menahan bed agar tetap di tempat. Kisi-kisi dibuat berpetak-petak supaya bed tersebar merata di seluruh permukaan jig. Bahan kisi-kisi terbuat dari kayu (papan) dan dari plat (besi) yang di lapisi oleh karet.
e.    Alat Penggerak
            Untuk membuat gerakan isapan dan tekanan secara terus menerus (continuitas). Alat yang digunakan sebagai penggerak adalah menggunakan pompa hidrolik yang dihubungkan dengan satu sumbu eksentrik yang dibagi untuk 2 kompartemen AB dengan panjang stang yang sama secara mekanisStang balance diafragma merupakan salah satu alat penggerak untuk proses pencucian, yang dipergunakan pada jig type Pan AmericaStang balance diafragma ini berfungsi untuk merubah gerakan berputar yang ditimbulkan oleh pompa hidrolik menjadi gerakan atas bawah. Alat ini fungsinya untuk menimbulkan isapan (Suction) dan tekanan (Pushion) pada permukaan bed jig. Gerakan atas bawahnya dapat disetel (diubah-ubah) disesuaikan dengan kebutuhan.
f.     Membran
            Gunanya adalah untuk memberikan gaya isapan (Suction) dan dorongan (Pushion) dengan menutup rapat antara tangki dan torak yang digerakan oleh motor penggerak. Membran ini harus diklem dengan kuat, sehingga tidak terjadi kebocoran atau lepas dan tidak boleh di cat karena akan mengakibatkan mudah retak dan pecah.
g.    Spigot

            Spigot merupakan alat untuk mengeluarkan konsentrat yang keluar melewati saringan dan untuk mengatur jumlah air di dalam tangki jigBentuk dari Spigot ialah kerucut yang berbahan dari karet.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.