Silica Modulus (SIM)


Adalah,  Perbandingan komposisi SiO2 dengan komposisi total Al2O3 dan   Fe2O3dari umpan kiln.
  SIM  =  SiO2/(Al2O3+Fe2O3)
1. Umumnya nilai Silica Modulus berkisar antara 1,9 sampai 3,2, tetapi silica modulus yang banyak dipakai ialah 2,2 sampai 2,6.
2. Silica Modulus yang lebih tinggi yaitu antara 3,0 sampai 5,0 juga dijumpai untuk semen dengan kadar oksida silica tinggi (high silicions cement) dan juga untuk Semen Putih (white portland cement), demikian juga silica modulus yang rendah yaitu antara 2,0 sampai 1,5 dapat dipakai.
3. Semakin tinggi silika modulus dari umpan kiln, maka “burnability”nya makin tinggi, yang berarti pembakaran klinker semakin sukar (hard burning) juga “liquid phase” dalam “burning zone” akan berkurang, hal ini menyebabkan cenderung untuk terbentuknya “coating” didalam kiln.

4. Akibat semakin tingginya silika modulus, juga menyebabkan sifat pengikatan awal dari semen semakin lama, sebaliknya, semakin rendah silika modulus didalam umpan kiln memperbanyak liquid phase didalam burning zone dan juga akan menurunkan burnability (easy burnability) dari klinker serta akan memperbaiki pembentukan coating didalam kiln.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.