Electric Submersible Pump (ESP)

Pompa ESP merupakan sebuah pompa sentrifugal yang terdiri dari beberapa stages. Satu stagesterdiri dari satu impeller yang bergerak (Rotor) dan satu diffuser yang stationary (Stator). Tipe dan stages dari pompa ini akan menentukan banyaknya fluida yang dapat diproduksi serta menentukan total Head Capacity (Daya dorong

Karakteristik Kerja Pompa
Prinsip Kerja ESP
Pompa listrik submersible mempunyai sifat seperti pompa sentrifugal yang lain. Setiap stage terdiri dari impeller dan diffuser, yang dalam operasi fluida diarahkan ke dasar impeller dengan arah tegak. Gerak putar diberikan pada cairan oleh sudu-sudut impeller. Gaya sentrifugal fluida menyebabkan aliran radial dan cairan meninggalkan impeller dengan kecepatan tinggi dan diarahkan kembali ke impeller berikutnya oleh diffuser. Cairan yang ditampung di rumah pompa kemudian dievakuasikan melalui pipa keluar dimana sebagian tenaga kinetis diubah menjadi tenaga potensial berupa tekanan. Oleh karena dilempar keluar maka terjadilah proses penghisapan.

Kelakuan Pompa (Pump Performance)
Kelakuan kerja atau sifat karakteristik kerja pompa ditentukan berdasarkan test pabrik dengan air tawar. Penyajiannya secara grafis dari hasil tes tersebut dibuat grafik karakteristik (performance curve).

Kavitasi dan NPSH (Net Positif Suction Head)
Apabila tekanan absolut dari cairan pada titik di dalam pompa berada di bawah tekanan bubble point (Pb), pada temperatur cairannya, maka gas yang semula terlarut di dalam cairan akan terbebaskan. Gelembung-gelembung gas ini akan mengalir bersama-sama dengan cairan sampai pada daerah yang mempunyai tekanan lebih tinggi dicapai, dimana gelembung akan mengecil lagi secara tiba-tiba yang mengakibatkan shock yang besar pada dinding di dekatnya. Fenomena ini disebut dengan kavitasi. Hal ini akan menurunkan efisiensi pompa.
Kejadian ini berhubungan dengan kondisi penghisapan. Apabila kondisi penghisapan berada di atas tekanan bubble point, maka tidak akan terjadi kavitasi. kondisi suction minimum yang diperlukan untuk mencegah terjadinya kavitasi pada suatu pompa disebut NPSH (Net Positive Suction head).
NPSH adalah tekanan absolut di atas tekanan bubble point dari fluida yang dipompakan di depan casing atau di depan impeller stage pertama yang diperlukan  untuk menggerakkan fluida masuk ke dalam impeller.

Peralatan Electric Submersible Pump (ESP)
Peralatan Electric Submersible Pump (ESP) dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu peralatan di ataspermukaan dan  peralatan di bawah permukaan.
Peralatan di atas dan di bawah permukaan dari Electric Submersible Pump (ESP) secara lengkap dapat dilihat pada Gambar berikut : 

PERALATAN ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP
PERALATAN ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.