Sifat Fisik dan Karakteristik Mineral Endapan Timah


Endapan bijih timah pada umumnya berasal dari magma asam. Sehingga keterdapatannya berhubungan dengan adanya batuan granit. Dalam pembentukkannya, mineral ini disertai dengan mineral berharga lainnya dan gangue mineral. Berikut adalah karakteristik mineral yang terdapat dalam endapan timah:
1.        Cassiterite (SnO2)
Cassiterite  merupakan mineral utama dalam endapan timah yang mengandung unsur Sn. Dengan menggunakan mikroskop, dapat terlihat bahwa mineral ini memiliki warna merah marun, merah kecoklatan atau merah kehitaman. Cassiterite memiliki kilap minyak dengan berat jenis 6,9 - 7. Jika terkena larutan HCl, mineral ini akan mengalami perubahan warna menjadi pucat keabu-abuan. Cassiterite dapat dialiri arus listrik (konduktor). Cassiterite merupakan mineral utama dalam endapan bijih timah, sedangkan yang dimaksud timah murni adalah Stannum (Sn) atau biasa disebut timah putih.
2.        Xenotime (YPO4)
Mineral ini berwarna kuning keputih-putihan (putih keruh) dengan berat jenis 4,6. Xenotime tidak dapat dialiri listrik tapi dapat ditarik oleh magnet (magnetik).
3.        Ilmenite (FeTiO3)
Mineral ini berwarna hitam gelap dengan permukaan yang kasar atau berbintik-bintik. Ilmenite memiliki berat jenis 4,7. Selain itu, mineral ini memiliki sifat konduktor dan magnetik.
4.        Monazite ((CeLaYTh)PO4)
Mineral ini memiliki warna seperti Xenotime yaitu putih keruh. Untuk membedakan Monazite dan Xenotime adalah dengan cara menyinari mineral tersebut dengan sinar ultraviolet. Jika disinari dengan sinar ultraviolet, Monazite akan mengalami perubahan warna menjadi kehijau-hijauan. Sedangkan Xenotime tidak mengalami perubahan warna jika disinari dengan ultraviolet. Monazite memiliki berat jenis 4,6 dan memiliki sifat nonkonduktor. Selain itu mineral ini memiliki sifat magnetik.
5.        Tourmaline (Na(MgFe)3Al6(Bo3)3(Si6O18)(OH)4)
Mineral ini memiliki warna mengkilap dan mempunyai urat-urat yang sejajar serta bersifat nonkonduktor dan memiliki berat jenis 3,2.
6.        Zircone (ZrSiO4)
Mineral ini memiliki warna merah muda, merah kekuningan atau merah keputih-putihan. Zircon berbentuk bulat seperti telur dan memiliki berat jenis 4,6. Mineral ini bersifat nonkonduktor dan nonmagnetik.
7.        Pyrite (FeS2)
Mineral ini memiliki warna kekuning-kuningan. Pyrite berbentuk kotak (kubus) dan memiliki berat jenis 5. Selain itu mineral ini memiliki sifat konduktor.
8.        Siderite (FeCO3)
Mineral ini memiliki warna seperti Pyrite tetapi berbentuk menyerupai gumpalan (bulat). Siderite termasuk mineral konduktor dengan berat jenis 3,9.
9.        Marcasite (FeS2)
Mineral ini memiliki warna seperti Pyrite dan Siderite tetapi berbentuk panjang (berbatang-batang). Marcasite termasuk mineral konduktor dengan berat jenis 4,8.
10.    Quartz (SiO2)

Mineral ini memiliki warna bening dan merupakan mineral pengotor dalam endapan timah. Kuarsa bersifat nonkonduktor dan nonmagnetik. Mineral ini memiliki berat jenis 2,65.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.